PNS Bakal Bisa Kerja Fleksibel Seperti Startup

PNS-Kerja-fleksibel-generus-indonesia.
Seleksi CPNS Foto: Liputan6

Pemerintah sedang menyiapkan berbagai kebijakan yang bisa jadi membuat Pegawai Negeri Sipil (PNS) semakin nyaman bekerja. Di antaranya adalah tengah mendesain sistem kerja yang meniru gaya perusahaan rintisan (startup) yang fleksibel dan bisa bekerja di mana saja.

Selain kenaikan gaji, para Aparatur Sipil Negara juga mendapatkan kabar soal fleksibilitas sistem kerja yang sedang disusun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Kebijakan tersebut saat ini masih dikaji dan rencananya akan diterapkan untuk seluruh PNS.

Hal ini dilakukan untuk merespons perkembangan zaman yang mana hampir seluruh pekerjaan bisa dikerjakan tanpa harus ke kantor.

PNS kerja dari rumah di negara maju bukan hal yang baru. PNS di negara maju bisa kerja di luar kantor bahkan di tengah perjalanan.

Meski begitu, dimungkinkan penerapan PNS bisa kerja di rumah tidak akan berlaku secara total. Artinya, tidak akan diterapkan di semua jabatan PNS.

Bekerja sebagai PNS dianggap lebih menjamin masa depan, terutama dalam menghadapi hari tua. Selain itu, berbagai fasilitas dan tunjangan yang diperoleh para PNS juga cukup menjanjikan. Misalnya, para PNS akan mendapatkan tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan perbaikan penghasilan atau remunerasi.

PNS juga akan mendapatkan tunjangan risiko, SK pengangkatan bisa untuk jaminan pinjaman bank, serta ada fasilitas pembiayaan perumahan.

Tak heran jika lowongan kerja calon PNS yang dibuka pemerintah, selalu dibanjiri peminat.

Keleluasaan PNS untuk bisa bekerja dari rumah, jika terwujud, akan menambah daya tarik para pencari kerja untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Salah satu hal yang diinginkan dan dicari oleh banyak orang adalah fleksibilitas peraturan perusahaan terutama mengenai jam kerja.

Jam kerja fleksibel dianggap memberikan banyak keuntungan. Bagi seorang karyawan, khususnya masyarakat urban, tentu sudah tidak asing dengan kemacetan jalan raya di pagi dan sore hari. Jika sebuah perusahaan menerapkan jam kerja yang fleksibel, maka ia bisa memilih untuk menghindari kondisi macet dengan berangkat di jam lain.

Dengan jam kerja yang fleksibel, seorang karyawan juga bisa melakukan banyak keperluan pribadi. Misalnya bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga atau teman dan juga untuk memperbanyak amal sholih dan ibadah.

.  

Leave a Reply