Keluar dari Zona Nyaman, Kapan Waktu yang Tepat?

keluar dari zona nyaman

Keluar dari zona nyaman, mungkin kata itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jargon untuk meninggalkan zona nyaman seakan menjadi ajakan social movement yang menarik untuk dibahas.

Setiap individu memiliki kecenderungan untuk merubah hidupnya untuk jadi yang lebih baik. Tidak bisa dipungkiri bahwa merasa tidak puas adalah sifat alami yang dimiliki setiap insan manusia.

Mengejar tujuan yang berharga menjadi bagian dari apa yang membuat hidup menyenangkan. Ketika seseorang menentukan tujuan, kemudian dapat melihat sejauh mana dirinya melangkah untuk kemajuannya, itu merupakan perasaan yang sangat luar biasa.

Kelihatannya seperti hal yang mudah, tapi kenyataannya banyak dari kita tidak dapat melakukannya. Bahkan sudah harus berhenti sebelum akan memulainya, agak lucu juga tapi itulah yang terjadi pada kehidupan manusia.

zona-nyaman

Tujuan vs Zona Nyaman

Sadarkah Anda bahwa hambatan terbesar dalam mewujudkan tujuan hidup justru datang dari dalam diri kita sendiri. Faktor eksternal mungkin mempengaruhi tetapi zona nyaman adalah pembunuh mimpi yang jarang kita sadari. 

Kenapa kita harus keluar dari zona nyaman jika itu malah menjerumuskan kita pada hal yang tidak pasti? pertanyaan seperti itulah yang bisa disebut Sexy Killer yang sesungguhnya.

Apasih Zona Nyaman Itu?

Ini bukan soal motivasi yang berkaitan dengan “meraih kesuksesan” ketika kita mau mengambil resiko. Zona nyaman adalah salah satu konsep psikologis yang berguna dalam merangkul risiko dan membuat perubahan dalam hidup yang mengarah pada pertumbuhan pribadi yang nyata.

Zona nyaman dapat diartikan sebagai bagian dari perilaku manusia dimana seseorang membentuk aktivitas rutin yang sesuai pola untuk meminimalkan stres dan risiko.

Dalam zona nyaman ini terbentuk rasa keterbiasaan, rasa aman dan kepastian. Sehingga ketika kita memutuskan untuk keluar dari zona nyaman, kita mengambil sebuah risiko dimana kita membuka diri kita terhadap kemungkinan stres dan kecemasan. Kita mungkin tidak yakin mengenai apa yang akan terjadi dan bagaimana harus bereaksi ketika ada hal baru yang terjadi.

Menciptakan zona nyaman adalah adaptasi yang sehat untuk sebagian besar kehidupan kita. Akan tetapi menghadapi tantangan baru juga merupakan hal yang baik juga. Jika selalu bermain aman, mungkin kita bisa banyak kehilangan banyak hal, tidak pernah merasakan hal baru, tidak ada tantangan dan tidak ada risiko. 

Apakah Saya Sudah Siap Untuk Keluar dari Zona Nyaman?

Apa yang paling kita takuti saat berkeinginan untuk menantang diri kita sendiri adalah rasa takut. Rasa takut akan kemungkinan gagal, rasa takut akan kecewa mengambil keputusan. Sebenarnya itu adalah proses alami dalam kehidupan manusia.

Kita dianugerahi oleh Allah SWT dengan kemampuan untuk bangkit pada setiap kesempatan. Kita adalah makhluk yang paling bisa beradaptasi akan perubahan. Rintangan demi rintangan merupakan proses adaptasi yang bagus untuk mencapai sesuatu yang baru.

Menantang diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman merupakan proses menemukan pengetahuan maupun sumber daya yang belum dimanfaatkan. Mengambil risiko, terlepas dari apapun hasilnya, adalah pengalaman pertumbuhan.

Jika kita membuat kesalahan hari ini, atau melakukan sesuatu yang tidak benar untuk pertama kalinya, itu akan sangat berharga di masa depan kita. Tidak ada yang namanya gagal jika kita mendapatkan sesuatu dari pengalaman tersebut.

Jangan membatasi diri dengan merasa puas dengan hal-hal yang biasa untuk menghindari kegagalan. Tantangan dan pengalaman risiko itu bersifat kumulatif. Setiap kali kita mencoba sesuatu yang baru, biarkan diri kita untuk terbuka terhadap pengalaman apapun yang muncul.

Saya Sudah Memikirkannya, Tapi Tak Kunjung Melakukannya

Tidak bisa dipungkiri bahwa keluar dari zona nyaman butuh banyak hal untuk dipersiapkan. Bagi beberapa orang mungkin perlu persiapan panjang untuk hanya memikirkannya. Setiap individu punya responsibility yang beragam dalam hidupnya. Jika itu yang terjadi, mulailah untuk melakukan perubahan dalam hal kecil. Perubahan yang tidak terlalu menantang emosional. 

memikirkan untuk keluar dari zona nyaman

Contoh sederhananya adalah merubah rutinitas harian dengan menambahkan aktivitas yang belum pernah dilakukan. Misal melakukan proyek kreatif dengan pandangan yang baru. Misalnya berkolaborasi dengan teman sekantor untuk menyelesaikan masalah. Mintalah pendapat dan terbuka untuk pengalaman baru.

Langkah Untuk Membantu Keluar Dari Zona Nyaman

Jika masih merasa kesulitan untuk menemukan apa yang harus dirubah dalam rutinitas harian, cobalah beberapa langkah berikut:

1. Cari Apa yang Bisa Menginspirasi Anda

Cobalah untuk mencari hal yang dapat dijadikan inspirasi. Misalnya apa yang Anda inginkan dalam waktu dekat itu. Coba tuliskan dikertas dan mulailah mengembangkan impian Anda.

Setelah itu persempit menjadi satu atau dua hal yang mungkin bisa Anda lakukan dalam waktu dekat ini. Motivasi intrinsik seperti ini akan membantu Anda untuk memulai hal yang baru dan menciptakan pengalaman yang baru.

2. Lakukan Riset Sederhana

Riset sederhana ini bisa dilakukan secara online, dengan cara mencari beberapa solusi untuk permasalahan yang biasa ditemui. Dari situ Anda akan mengetahui bahwa dalam suatu permasalahan itu bisa diselesaikan dengan solusi X.

Jika masih ragu dengan hal itu, cobalah untuk membiasakan dengan topik tersebut, pelajari masalah utamanya untuk dipertimbangan. Kemudian dari situ kita bisa membentuk pertanyaan pendukung untuk dijawab yang bisa membantu kita memahami masalah utama.

3. Carilah Mentor

Berbicara pada orang yang sudah pernah melakukan apa yang baru saja ingin Anda lakukan adalah hal yang bagus. Seorang mentor akan menjelaskan mengenai solusi standar yang sudah terbukti dapat menyelesaikan masalah. Dari situ kita akan tahu apa yang berhasil untuknya dan apa yang tidak.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Keluar dari Zona Nyaman?

Kalau bisa secepat mungkin setelah Anda menyadai bahwa keluar dari zona nyaman bukanlah hal yang menakutkan. Ketika Anda sudah memperoleh apa yang menjadi inspirasi Anda, maka segerakan untuk melangkah ke hal yang baru.

Kita belajar dan memperluas daftar keterampilan hidup dan pengetahuan diri. Ketika keluar dari zona nyaman, berarti Anda memperluas ukuran / definisi zona nyaman yang Anda miliki.

Leave a Reply